Tetap Positif Diantara yang Negatif

Tetap positif memang mudah jika didukung dengan lingkungan yang positif. Tapi akan sangat menantang anda jika lingkungan anda menarik anda ke hal-hal yang berlawanan dengan anda. Namun demikian, anda masih punya peluang untuk menjadi contoh bagi orang lain. Dengan prilaku dan respon anda, anda dapat menunjukan bagaimana sikap yang positif, sesuai dan profesional.

Memang membutuhkan waktu dan usaha juga komitmen yang kuat untuk melakukan hal yang berbeda dari kebiasaan yang ada disekitar anda demi menciptakan perubahan. Tapi anda harus terus berusaha memilah dan berhenti bertoleransi pada hal-hal yang menurut anda tidak baik bagi anda. Melakukan hal yang tidak banyak orang melakukannya, dan beritahu orang lain untuk mengikuti hal yang sama.

Berikut ini ada lima cara agar anda tetap bisa menjadi positif di tempat kerja:

1. Kesadaran
Sadari hal-hal negatif disekitar anda. Jika ada hal yang membuat anda tidak nyaman atau hal buruk terjadi disekitar anda, maka hal itu adalah negatif. Perasaan yang anda rasakan itu merupakan sinyal yang memberitahukan anda bahwa ada sesuatu yang salah. Jika anda dapat mengetahui apa yang terjadi disekitar anda, anda dapat mengambil cara yang tepat untuk mengatasinya.

2. Semua bermula dari anda
Bergosip, membicarakan atau mendengarkan hal-hal yang hanya memfokuskan pada keburukan atau menjatuhkan martabat orang lain akan membawa dampak buruk bagi anda. Bahasa sangat berpengaruh. Hal itu bukan hanya mempermalukan orang yang anda bicarakan tapi juga orang yang berbicara pada anda. Bukan hanya itu, anda juga akan merasa bersalah walaupun anda tidak menyadarinya. Belajarlah untuk menghormati hak orang lain untuk menjadi dirinya sendiri. Memberikan komplain tanpa memberi solusi yang efektif hanya akan memperbesar masalah dan juga menghabiskan waktu dan energi orang lain.

3. Speak up
Katakan apa yang menurut anda tidak baik apalagi jika hal itu menyangkut diri anda. Terkadang orang lain tidak menyadari bahwa sikap mereka negatif. Katakan apa yang menjadi keberatan anda dengan cara yang halus. Hal ini akan membuat orang lain mengerti apa yang tidak anda sukai dan tidak akan membahasnya terus-menerus dikemudian hari. Jika anda hanya diam, justru memberikan tanda bahwa anda mengijinkan hal itu terjadi.

4. Katakan hal yang positif, berguna, bermakna dan bermanfaat
Jika kata-kata yang anda bicarakan berguna maka hal itu akan membuat orang lain merasa senang telah berpartisipasi dalam pembicaraan anda dan akan menghargai waktu dan kata-kata yang telah anda berikan.

5. Pujian dan terima kasih
Pujian dan terima kasih memberikan dampak yang luar biasa. Orang-orang akan senang berada disekitar anda karena anda tidak pernah menjatuhkan orang lain. orang lain akan merasa senang dengan kehadiran anda.

Apapun yang terjadi disekitar anda, andalah yang mengontrol lingkungan didalam diri anda dan bagaimana anda merespon apa yang terjadi disekeliling anda. Jadi, ketika orang lain berbuat negatif kencangkan keberanian anda untuk tetap positif dan bersikap sebaliknya dari orang lain. Itu adalah satu-satunya cara untuk melakukan perubahan yang tajam. Dan jika anda melakukannya dengan sungguh-sungguh, dengan perlahan namun pasti anda akan membuat perubahan di lingkungan kerja anda dan kemudian ke lingkungan yang lebih besar lagi

0 comments:

 

© Copyright Bersemangat Setiap Hari . All Rights Reserved.

Designed by TemplateWorld and sponsored by SmashingMagazine

Blogger Template created by Deluxe Templates